7 Langkah Penting untuk Menjaga Keamanan Dompet Kripto Anda

7-essential-steps-to-keep-your-crypto-wallet-secure

Kemajuan teknologi telah mengubah dunia kita menjadi lebih baik. Namun, bersamaan dengan itu, bertambah pula tanggung jawab pribadi untuk menjaga keamanan online kita. Saat ini, kita menyaksikan makin banyak upaya phishing kripto. Di dalam upaya ini, pelaku kejahatan mencoba menipu orang yang tidak bersalah.

Ingin tahu praktik terbaik yang harus dilakukan untuk melindungi aset mata uang kripto Anda yang berharga? Mari kita lihat di sini untuk mengetahui cara agar tetap aman dan dana Anda tetap terlindungi.

1. Mulailah dengan Fondasi yang Aman bagi Dompet Anda

Pastikan perangkat Anda bebas dari malware apa pun dan jangan pernah menginstal Trust Wallet ke perangkat yang telah mengalami rooting. Untuk memastikan Anda selalu menggunakan versi asli Trust Wallet, Anda harus mengunduh Aplikasi tersebut secara eksklusif dari tautan yang disediakan di situs web kami: trustwallet.com

2. Jangan Pernah Membagikan Frasa Pemulihan atau Kunci Privat Anda kepada Siapa pun

Dana Anda akan tetap aman jika Anda bisa menjaga frasa pemulihannya. Oleh karena itu, jangan pernah membagikannya kepada siapa pun. Untuk melindungi dompet Anda dari upaya akses yang tidak sah, Anda harus menjaga kerahasiaan dan keamanan frasa tersebut.

3. Simpan Salinan Frasa Pemulihan Anda Secara Offline

Selalu simpan salinan frasa pemulihan Anda secara offline! Tuliskan di selembar kertas. Ini adalah solusi paling mudah. Jika ingin yang lebih awet daripada kertas, kami menyarankan Anda untuk melihat-lihat CRYPTOTAG dan produknya. File teks terenkripsi yang disimpan di dalam drive USB juga dapat digunakan. Dengan bantuan “Password Manager” (Pengelola Kata Sandi), Anda dapat menyimpan cadangan digital frasa pemulihan (dan kata sandi lain yang Anda inginkan) ke dalam satu file terenkripsi yang dapat Anda simpan di satu - atau beberapa - drive USB.

4. Simpan Secara Terpisah dan Lindungi Aset Anda. Simpan dengan Cold, Simpan dengan Hot

Gunakan cold storage atau hardware wallet untuk menyimpan kripto Anda dalam jumlah besar. Sementara itu, untuk kebutuhan harian & jumlah kripto yang lebih sedikit, Anda dapat menggunakan hot wallet, misalnya Trust Wallet.

5. Satu Dompet, Satu Frasa Pemulihan

Jangan samakan frasa pemulihan bagi beragam dompet. Praktik terbaik adalah selalu menggunakan satu frasa pemulihan untuk satu dompet.

6. Tidak Ada Proses Reset atau Pemulihan. Selalu Simpan Cadangan

Anda harus selalu menyimpan salinan cadangan frasa pemulihan. Jika ponsel Anda rusak, dicuri, hilang, atau aplikasinya terhapus secara tidak sengaja, dompet Anda selalu dapat dipulihkan di ponsel lain menggunakan frasa pemulihan. Tidak ada proses reset atau pemulihan sistem; kehilangan frasa pemulihan sama artinya dengan kehilangan dana Anda!

7. Tambahkan Lapisan Autentikasi; Aktifkan Kode Sandi atau Touch/Face ID

Untuk memastikan hanya Anda yang dapat mengakses aplikasi seluler Trust Wallet, pastikan Anda menambahkan autentikasi lapisan kedua, seperti Kode Sandi atau Touch/Face ID untuk mengakses dana di Trust Wallet. Hal ini mencegah pelaku kejahatan mengakses dompet Anda jika Anda kehilangan perangkat seluler atau saat Anda tak sengaja meninggalkannya di meja untuk mengambil secangkir kopi. Berikut adalah panduan untuk iOS dan Android.

1 Like