[Cara Menambahkan Token Khusus

Token adalah Aset Digital yang dibuat dalam aplikasi pada blockchain tertentu. Trust Wallet mendukung beberapa blockchain tempat token diterbitkan. Beberapa contohnya adalah ERC20 di Jaringan Ethereum, BEP20 di Binance Smart Chain, dan token SPL di blockchain Solana.

image

image

Catatan:

Langkah-langkah berikut hanya berlaku jika token yang dikirim ada di blockchain yang didukung oleh aplikasi ini. Transaksi juga harus dikonfirmasi di blockchain explorer. Jika tidak ada transaksi yang dikonfirmasi, tidak akan ada token yang diterima di dompet Anda. Baca panduan ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Jika token berhasil dikirim ke dompet tetapi token tidak muncul, maka token tersebut dapat ditambahkan secara manual sebagai Token Khusus. Untuk panduan ini, kita akan mencoba menambahkan token BEP20 yang ada di Binance Smart Chain.

Langkah 1. Cari Token

Ketuk tanda pengalih di sudut kanan atas layar Dompet utama. Cari token tersebut. Jika token tidak tersedia, Anda akan melihat pesan “No Asset Found” (Aset Tidak Ditemukan) beserta tombol Add Custom Toke (Tambah Token Khusus).

image

Langkah 2. Dapatkan Informasi Token

Dengan menggunakan BSCScan, cari token yang akan Anda tambahkan. Anda harus menemukan Alamat Kontraknya.

Contoh:

Token EverETH: https://bscscan.com/address/0x16dcc0ec78e91e868dca64be86aec62bf7c61037

image

Tips:

Jika Anda memiliki perangkat lain, coba dapatkan kode QR Alamat Kontrak token tersebut. Metode ini merupakan cara termudah untuk menambahkan token tersebut ke dompet Anda. Akan ada tombol di sana yang dapat diklik untuk menampilkan kode QR tersebut. Kode ini dapat digunakan pada langkah berikutnya.

image

image

image1388×419 60.6 KB

Langkah 3. Isi Detail Token

Ketuk tombol Add Custom Toke (Tambah Token Khusus), lalu pastikan Anda telah memilih Jaringan yang benar. Untuk panduan ini, kita harus memilih Smart Chain di Jaringan yang didukung karena token ini berada di Binance Smart Chain.

image

image

Tips:

Gunakan pemindai kode QR Anda untuk mendapatkan semua detail token dengan mudah.

Untuk melakukannya, ketuk ikon “Pemindai” di samping “Paste” (Tempel).

image

Setelah menempelkan atau memindai Alamat Kontrak, detail lainnya, seperti Nama, Simbol, dan Desimal akan terisi secara otomatis. Jika tidak, isilah secara manual. Ketuk Save (Simpan) untuk melanjutkan.

Penting!

Harap pastikan bahwa informasinya sudah benar. Aplikasi ini akan menampilkan saldo yang salah jika informasinya tidak diisi dengan benar.

Langkah 4. Token Berhasil Ditambahkan

Anda berhasil menambahkan Token Khusus. Jika token tersebut belum terdaftar di CoinMarketCap, informasi harga tidak akan muncul.

image

image420×828 70.4 KB

Langkah 5. Minta untuk Memperbarui Informasi Token

Anda dapat meminta agar info token ditambahkan ke codebase. Silakan baca petunjuk Cara Mengirimkan Logo Token.

1 Like