Cara Mengimpor Dompet & Tips Terbaik dari Kami untuk Melakukannya dengan Aman

Karena Trust Wallet bersifat terdesentralisasi, Anda dapat mengimpor Trust Wallet lama atau dompet pihak ketiga menggunakan Frasa Pemulihan, Kunci Privat, atau File Keystore. Selain itu, Anda dapat mengimpor Kunci Publik yang memungkinkan Anda untuk melihat isi dompet.

Perhatian!

Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanan dompet Anda. Selalu buat cadangan sebelum melakukan perubahan apa pun pada dompet Anda. Artikel ini hanya dimaksudkan sebagai edukasi.


Sebelum mengimpor dompet Anda ke perangkat baru, harap pastikan:

  • Anda telah membuat cadangan frasa pemulihan. Anda tidak disarankan untuk menyimpannya di perangkat elektronik. Anda sebaiknya menuliskannya di selembar kertas, lalu menyimpannya di brankas sebagai contoh. Baca panduan frasa pemulihan lengkap dari kami.
  • Jika Anda berencana untuk menghapus dompet dari perangkat lama, pastikan Anda mengimpor dompet tersebut ke perangkat baru terlebih dahulu.
  • Pastikan dompet Anda tidak dapat diakses dari ponsel lama jika Anda membuang atau menjual ponsel tersebut. Dengan kata lain, hapus aplikasinya setelah Anda berhasil mengimpor dompet ke perangkat baru.

Membuat Cadangan

Untuk mengekspor dompet, Anda perlu mendapatkan akses pengaturan keamanan dompet Anda. Dengan dompet web seperti MyEtherWallet (MEW), Anda harus mencadangkan File Keystore Anda setelah dompet dibuat. Berikut adalah beberapa contoh untuk setiap jenisnya.

Frasa Pemulihan dari Dompet MetaMask

image

image

File Keystore dari MyEtherWallet

image

image

Perhatian!

File Keystore dilindungi oleh kata sandi.

Tanpa kata sandi, Anda tidak dapat mendekripsi File Keystore.

Kunci Privat dari MyEtherWallet

image

Mengimpor Dompet

Sekarang, kita akan melanjutkan ke proses pengimporan dompet. Langkahnya agak mirip dengan Cara Memulihkan Dompet Multikoin. Satu-satunya perbedaan adalah, alih-alih memilih Dompet Multikoin, kita akan memilih untuk Mengimpor dompet Ethereum.

Cara Mengakses Layar Impor Dompet

  1. Buka Trust Wallet, lalu ketuk Settings (Pengaturan).
  2. Di layar Pengaturan, Anda akan menemukan Wallets (Dompet).
  3. Ketuk tanda “+” di bagian kanan atas untuk mengakses Layar Import (Impor). Ketuk Ethereum.

image

Metode 1: Impor melalui Frasa Pemulihan

Ketikkan Frasa Pemulihan pada tab Phrase (Frasa) di layar Import Ethereum (Impor Ethereum). Atau, Anda dapat memindai kode QR (jika ada). Berikan Nama agar Anda dapat mengenali dompet tersebut dengan mudah. Setelah selesai, cukup ketuk Import (Impor).

image

image

Metode 2: Impor melalui File Keystore

File Keystore pada dasarnya adalah file teks yang berisi baris kode terenkripsi. Anda harus menyalin seluruh konten file dan menempelkannya di tab JSON Keystore. Ketikkan kata sandi untuk mendekripsi file. Berikan Nama agar Anda dapat mengenali dompet tersebut dengan mudah. Setelah selesai, cukup ketuk Import (Impor).

image

image

Metode 3: Impor melalui Kunci Privat

Kunci Privat adalah bit kode mungil yang dipasangkan dengan kunci publik untuk mengaktifkan algoritma enkripsi dan dekripsi teks. Baik kunci privat maupun kunci publik berasal dari frasa pemulihan Anda.

Ketikkan Kunci Privat pada tab Private Key (Kunci Privat) di layar Import Ethereum (Impor Ethereum). Atau, Anda dapat memindai kode QR (jika ada). Setelah selesai, cukup ketuk Import (Impor).

image

image

Perhatian!

Jika Kunci Privat Anda diketahui orang lain, keamanan dompet Anda akan sangat rentan. Frasa Pemulihan bersifat lebih kuat dan dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan. Namun, Anda tidak disarankan untuk terus menggunakan dompet Anda jika salah satu cadangan yang disebutkan di atas sudah tidak aman.

Metode 4: Impor melalui Kunci Publik

Kunci Publik secara teknis adalah alamat penerima atau alamat dompet. Dengan mengimpor kunci ini, Anda dapat melihat token dan koleksi, serta transaksi yang terkait dengan alamat tersebut.

Ketikkan Kunci Publik pada tab Address (Alamat) di layar Import Ethereum (Impor Ethereum). Atau, Anda dapat memindai kode QR (jika ada). Berikan Nama agar Anda dapat mengenali dompet tersebut dengan mudah. Setelah selesai, cukup ketuk Import (Impor).

image

image

Perhatian!

Saat mengimpor Kunci Publik, Anda tidak dapat melakukan transaksi apa pun dengan dompet tersebut.

Begitulah caranya. Anda telah mengimpor dompet sepenuhnya. Selamat!