Panduan Pemula Terlengkap untuk Trust Wallet

Untuk urusan dompet kripto, Trust Wallet adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang sedang menginginkan dompet serbaada. Mulai dari menjelajahi DApp hingga berdagang dan staking, pengguna dapat mengakses dunia kripto yang luas dengan mudah dan simpel hanya dengan satu aplikasi. Bagi pengguna yang ingin mulai menggunakan Trust Wallet, baca artikel ini selengkapnya untuk mempelajari semua yang perlu diketahui.

Apa Itu Trust Wallet?

Trust Wallet adalah salah satu dompet kripto paling populer dan aman yang menawarkan pengalaman intuitif dan menyeluruh bagi penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih dari 9 juta aset kripto dengan aman di 70+ blockchain.

Diluncurkan pada tahun 2017 sebagai dompet seluler yang mendukung token ERC-20 berbasis Ethereum, aplikasi ini memenuhi kebutuhan pasar pengadopsi kripto seluler pertama yang belum tertangani. Trust Wallet kini memungkinkan pengguna untuk membeli, menyimpan, menukar mata uang kripto terkemuka, dan mengelola koleksi non-fungible token (NFT) mereka dalam satu aplikasi.

Trust Wallet juga memberdayakan pengguna untuk mendapatkan kripto melalui https://trustwallet.com/stakingfitur staking di aplikasi dompet ini yang menawarkan lebih dari setengah lusin aset kripto dengan yield staking hingga 11%.

Fitur Trust Wallet yang paling menarik mungkin adalah https://trustwallet.com/dappBrowser DApp selulernya. Browser tersebut menyediakan akses seluler yang lancar ke aplikasi terdesentralisasi (DApp), protokol DeFi, dan marketplace NFT di 70+ blockchain.

Cara Menyiapkan Trust Wallet

Pengguna Android dan iOS dapat mengakses Trust Wallet dengan mudah. Anda dapat menginstal Trust Wallet di beberapa ponsel atau tablet tanpa batasan instalasi sama sekali. Trust Wallet dapat digunakan secara gratis dan tidak memerlukan langganan.

Selain itu, Trust Wallet bersifat nonkustodian. Artinya, Anda memiliki kendali penuh atas dana Anda dan dapat memindahkan, menyetor, dan berinteraksi dengan dana Anda tanpa khawatir bahwa pihak lain memiliki kustodi terhadap dana tersebut. Anda memiliki Frasa Rahasia sendiri untuk mengakses dompet Anda. Frasa rahasia merupakan kumpulan dari 12 kata yang berfungsi sebagai kuncinya. HANYA ANDA yang boleh melihat dan memiliki akses Frasa Rahasia untuk memastikan bahwa Anda memiliki kendali penuh atas kripto Anda sendiri setiap saat - inilah desentralisasi sejati!

Unduh Trust Wallet di sini!

Mari kita pelajari langkah-langkah dasar tentang cara menyiapkan Trust Wallet.

  1. Cari Trust Wallet di Apple Store atau Play Store. Atau, kunjungihttps://trustwallet.com/download situs web Trust Wallet untuk menemukan tautan ke toko yang tepat. Selalu pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi agar dana Anda aman.

  1. Buka aplikasi tersebut, lalu klik [CREATE A NEW WALLET] (BUAT DOMPET BARU).

  1. Baca dan setujui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi. Kemudian, klik [CONTINUE] (LANJUTKAN).

  1. Perintah berikutnya akan meminta Anda untuk [Enter a Passcode] (Masukkan Kode Sandi). Kode sandi ini memberikan lapisan keamanan ekstra pada dompet Anda.

  2. Kemudian, Anda akan diminta untuk mencadangkan dompet Anda. Dompet tersebut menggunakan Frasa Rahasia 12 kata yang perlu Anda catat dan simpan dengan aman, serta hanya Anda yang boleh mengetahuinya.

Trust Wallet tidak memiliki akses frasa ini. Jika Anda kehilangan Frasa Rahasia atau tidak mencadangkan dompet Anda, tim Trust Wallet tidak akan dapat membantu Anda untuk mengakses aset Anda. Oleh karena itu, Anda harus mencatat Frasa Rahasia Anda dengan benar dan mengamankannya di tempat yang aman (misalnya, tuliskan di selembar kertas, lalu simpan di tempat yang aman).

  1. Setelah memasukkan Frasa Rahasia 12 kata sesuai urutan yang benar, Anda selesai mengatur dompet Anda, lalu dompet tersebut akan siap digunakan.

Apa yang Dapat Dilakukan dengan Trust Wallet?

Mari kita lihat sejumlah fitur Trust Wallet yang paling unggul: dompet, Discover (staking & DeFi), dan Browser DApp.

Menyimpan dan mengelola semua aset digital Anda dengan aman di satu tempat

Seperti yang telah disebutkan, pengguna Trust Wallet dapat menyimpan dan mengelola 9+ juta mata uang dan aset digital, termasuk NFT, di 70+ blockchain yang menggunakan Trust Wallet.

Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan NFT berbasis Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon, dan Solana. Hal ini membuat Trust Wallet menjadi salah satu dompet seluler paling lengkap yang tersedia bagi para pengguna.

Swap Token

Dengan integrasi 1inch v4, pengguna kini dapat melakukan swap token di 8 macam blockchain langsung dari aplikasi Trust Wallet! Chain tersebut mencakup Polygon, Arbitrum, Optimism Avalanche, xDai, Fantom, BSC, dan ETH.

Selain itu, berkat integrasi kami baru-baru ini dengan THORChain, Anda dapat melakukan swap cross-chain dengan BTC, ETH, BNB(BEP2), dan BUSD(BEP2) langsung di aplikasi seluler Trust Wallet Anda.

Memperoleh reward staking

Trust Wallet memungkinkan pengguna untuk mendapatkan yield staking dari beberapa aset digital terkemuka, semuanya dari aplikasi tersebut dan hanya dengan satu ketukan. Saat ini, aplikasi ini mendukung staking 10 aset kripto, tetapi token dan koin lain terus ditambahkan secara berkala.

Mengakses pasar DeFi

Trust Wallet memungkinkan pengguna untuk mengakses pasar DeFi yang berkembang pesat dan menggunakan berbagai layanan keuangan. Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) memberi peluang bagi orang-orang di seluruh dunia untuk memperoleh penghasilan kripto, mulai dari menyediakan likuiditas di pool perdagangan terdesentralisasi hingga pinjaman dan farming yield.

Pengguna Trust Wallet dapat menghubungkan dompetnya ke semua protokol DeFi favorit mereka dengan lancar, misalnya Aave, Compound, PancakeSwap, dan Uniswap. Penghubungan ini mudah dilakukan melalui Browser DApp atau dengan menggunakan Wallet Connect. WalletConnect adalah protokol terbuka untuk menghubungkan aplikasi terdesentralisasi ke dompet seluler menggunakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end). Protokol ini memastikan bahwa Anda dapat melakukan transaksi tanpa mengungkapkan informasi pribadi apa pun saat mengakses DApp di desktop atau perangkat lain.

Membeli, menjual, mencetak, dan menyimpan NFT

Token Non-Fungible (NFT) adalah aset digital unik yang beroperasi di blockchain dan memberikan bukti kepemilikan kepada pemiliknya. Pengguna Trust Wallet dapat membeli, menjual, mencetak, memperdagangkan, mengirim, dan menyimpan NFT langsung dari aplikasi seluler ini. Saat ini, pengguna dapat mengelola NFT yang dicetak di Ethereum dan BNB Smart Chain. Chain lainnya akan segera menyusul. Dengan menggunakan Browser DApp, pengguna Trust Wallet juga dapat mengakses marketplace NFT, seperti OpenSea, untuk mengoleksi NFT atau menjual kreasinya sendiri.

Memainkan game blockchain

Game blockchain play-to-earn menjadi hiburan populer bagi penggemar blockchain dan game. Jika Anda belum pernah mencobanya dan ingin melakukannya, game tersebut dapat dimainkan dengan Trust Wallet secara mudah dan sederhana. Pengguna dapat mengakses dan memainkan banyak game ini, termasuk Axie Infinity, Sorare, dan Decentraland, langsung di Trust Wallet menggunakan Browser DApp.

Apa itu Trust Wallet Token (TWT)?

Trust Wallet juga memiliki token proyeknya sendiri yang dikenal sebagai Trust Wallet Token (TWT).

“TWT diciptakan untuk mengedukasi pengguna Trust Wallet tentang mekanisme mata uang kripto, serta memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk memiliki kripto pertama yang dapat mereka eksplorasi.”

Selain itu, pemilik TWT dapat melakukan voting terkait https://governance.trustwallet.com/keputusan tata kelola Trust Wallet, seperti dukungan blockchain yang harus ditambahkan berikutnya. Mekanisme kunci ini memungkinkan komunitas untuk membentuk masa depan Trust Wallet.

TWT tersedia sebagai token BEP2 di BNB Beacon Chain dan sebagai token BEP20 di BNB Smart Chain. Selain itu, TWT juga tersedia sebagai token SPL di Solana.

Apakah Trust Wallet Aman?

Singkatnya: Ya! Trust Wallet aman. Dompet seluler ini menerapkan langkah-langkah keamanan terdepan di industri ini untuk memastikan dana pengguna tetap aman setiap saat. Selain itu, kode dompet ini berasal dari sumber terbuka. Artinya, kode tersebut telah diperiksa secara menyeluruh oleh para pengembang di seluruh dunia.

Kelola Keuangan Kripto Anda Cukup dengan Trust Wallet

Salah satu hambatan terbesar bagi banyak orang untuk masuk ke dunia kripto adalah kerumitannya. Berurusan dengan dompet, DApp, dan smart contract untuk pertama kalinya sering kali dapat menyebabkan kesalahan yang merugikan. Dengan solusi semacam Trust Wallet, pengguna baru dan lama dapat menikmati cara yang lebih sederhana untuk mengakses, mengelola, dan berinteraksi dengan kepemilikan kripto mereka.

Untuk mulai mengakses semua layanan yang ditawarkan oleh Trust Wallet, unduh Trust Wallet sekarang juga.