Peringatan Penipuan

scammer-warning

Kami ingin meningkatkan kesadaran Anda tentang upaya phishing kripto yang makin banyak dengan menunjukkan tiga model penipuan yang paling sering digunakan. Semuanya memiliki kesamaan, yaitu ketiganya biasanya meminta informasi pribadi Anda dan meminta kunci privat atau seed phrase Anda (disebut juga frasa pemulihan). Kami harus mengingatkan Anda untuk:

Jangan Pernah Membagikan Frasa Pemulihan atau Kunci Privat Anda kepada Siapa pun.

Penipu yang berpura-pura menjadi kami atau orang lain akan seketika memiliki akses dompet Anda dan akan segera mencuri semua dana Anda!

Bentuk-Bentuk Penipuan Ini

Sejauh ini, kami telah mengidentifikasi beberapa cara yang digunakan oleh para penipu untuk mencoba mencuri dana Anda. Beberapa alat favorit penipuan tersebut mencakup halaman Facebook palsu, grup giveaway Telegram, atau Situs Web phishing yang disamarkan. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengenalinya dan cara untuk membantu melawan para penipu tersebut.

Facebook

pIdDSZyQPNYBSp8_CA8lUqpwnCbLPo_PihE3gdZHGz0903IK-EeyuoiYwceCEDJF2tQWTD9wAWRcTZ7tvWdN70zKh8izArTVvfFU2wftKIPOjoUyGo3pN2fEXDo9pV4zS3MF1US0

Penipuan ini biasanya muncul dalam bentuk halaman Facebook yang mengirimkan pesan pribadi atau menandai salah satu pengguna kami. Kemudian, penipu tersebut mengatakan bahwa pengguna tersebut telah terpilih menjadi pemenang giveaway resmi dan pengguna tersebut hanya perlu mengunjungi suatu situs web untuk mengeklaim giveaway tersebut. Kemudian, pengguna biasanya diarahkan ke halaman Trust Wallet / MyEtherWallet palsu yang langsung meminta pengguna untuk memasukkan kunci privat atau frasa pemulihan.

H1WB00ov0m2Be08jG-xJ66SUAzcmUk_D3lf7ovnYQAUf1yvjXCCWvgTA3qj0q3aLYV1Fw3aMd_iYKXHYcA-puYO_-AdabMMIGOB5cDUFYHTNPpRWajya_ERBUgFymVMFshb6y2Di

Cara Melindungi Diri

Selalu pastikan Anda mengunjungi halaman Facebook resmi kami @trustwalletapp. Kami tidak akan pernah mengirim pesan langsung berisi giveaway atau promosi apa pun. Kunjungi @trustwalletapp dan amati apakah ada promosi yang sedang berlangsung (Kami hanya akan memposting promosi di platform tersebut). Jika ragu, kirim Pesan kepada kami langsung di Facebook How to Fight Back (Cara Melawan Balik). Selalu pastikan Anda melaporkan halaman penipuan tersebut kepada Facebook dan beri tahu kami juga agar kami dapat membagikannya dengan tim antipenipuan internal kami.

Telegram

Penipu sering kali berpura-pura menjadi salah satu moderator kami atau anggota tim Trust Wallet, lalu mengirimkan pesan langsung kepada Anda dengan mengatakan bahwa mereka dapat membantu mengatasi masalah Anda. Mereka biasanya menyamar sebagai pendiri kami, yaitu Viktor, tetapi juga pernah menyamar sebagai staf lain

image

image

Penipu biasanya mengaku bisa memulihkan dana Anda atau mempercepat tindak lanjut terhadap tiket dukungan Anda. Dengan alasan tersebut, kemudian mereka meminta kunci privat atau frasa pemulihan Anda. Moderator atau staf Trust Wallet tidak akan pernah meminta frasa pemulihan atau kunci privat Anda.

Baru-baru ini, kami juga melihat betapa menjamurnya grup giveaway Telegram palsu yang mengundang para pengguna di saluran Telegram resmi kami, lalu membuat mereka tertarik untuk mengunjungi situs web phishing melalui kompetisi atau giveaway. Trust Wallet tidak akan pernah mengundang Anda untuk masuk ke grup giveaway Telegram khusus apa pun.

image

image

Cara Melindungi Diri

Jangan pernah menanggapi siapa pun yang mengirim pesan langsung kepada Anda di Telegram dengan berpura-pura menjadi staf Trust Wallet. Jika Anda mengirim pesan langsung kepada kami, pastikan Anda hanya melakukannya dengan mengeklik nama panggilan admin kami di pesan selamat datang Telegram. Ubah pengaturan privasi Telegram Anda (Pengaturan > Privasi & Keamanan > Grup > lalu ubah pengaturan undangan Grup Anda ke Kontak saya) untuk menghindari undangan grup penipu. Bergabunglah hanya dengan grup Telegram resmi bahasa Inggris kami dan saluran Pengumuman How to Fight Back (Cara Melawan Balik). Setiap kali Anda menerima pesan dari orang yang belum pernah mengirim pesan sebelumnya, Anda dapat memilih opsi LAPORKAN SPAM di bagian atas Pesan. Hal yang sama berlaku bagi undangan grup yang tidak diinginkan. Jangan memposting foto atau gambar penipu di grup Telegram kami karena ini hanya akan membuat pengguna baru bingung. Kirim pesan kepada Admin secara langsung jika Anda ingin melaporkan seseorang.

Situs Web Phishing

image

Hal umum lainnya yang akan Anda temui adalah situs web phishing yang meniru Situs Web, Blog, atau Medium resmi kami. Situs phishing tersebut biasanya terlihat seperti situs resmi kami, tetapi sebenarnya adalah situs web phishing berbahaya. Situs tersebut biasanya menambahkan level subdomain lain atau menggunakan nama domain yang agak mirip untuk mengelabui pengguna.

image

Cara Melindungi Diri

  • Pastikan Anda memeriksa domain yang Anda gunakan. Jika ragu, ketikkan domainnya secara manual di browser Anda (trustwallet.com)
  • Jangan pernah memasukkan kunci privat atau frasa pemulihan Anda di situs web mana pun yang meminta Anda melakukannya.

Cara Melawan Balik

Bookmark domain resmi kami trustwallet.com dan https://community.trustwallet.com di browser favorit Anda sehingga Anda selalu tahu bahwa Anda tidak sedang menggunakan situs web phishing. Jika Anda menemukan situs web phishing, pastikan Anda segera Menghubungi Kami.

Perhatikan Aturan Ini

  • ATURAN 1: Jangan pernah memasukkan kunci privat atau frasa pemulihan di situs web mana pun, kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.

  • ATURAN 2: Moderator atau staf Trust Wallet tidak akan pernah mengirim pesan kepada Anda secara langsung.

  • ATURAN 3: Moderator atau staf Trust Wallet tidak akan pernah meminta frasa pemulihan atau kunci privat Anda sama sekali.

  • ATURAN 4: Trust Wallet tidak akan pernah mengundang Anda ke grup giveaway Telegram khusus apa pun.

  • ATURAN 5: Selalu periksa domain atau nama pengguna untuk memastikan Anda berada di situs web Trust Wallet atau media sosial yang resmi.