Praktik Terbaik untuk Menyimpan Frasa Pemulihan Anda

Frasa pemulihan adalah elemen penting bagi keamanan Trust Wallet Anda. Jika perangkat Anda hilang, rusak, atau dicuri, Anda dapat menggunakan frasa pemulihan untuk memulihkan akses seluruh dompet Anda. Oleh karena itu, Anda harus menjaga keamanan frasa pemulihan atau kunci privat Anda.

Praktik terbaik:

  • Tuliskan frasa pemulihan di selembar kertas dan simpan di tempat yang aman dan terlindungi. Jika Anda menginginkan media yang lebih awet daripada kertas, sebaiknya gunakan CRYPTOTAG.
  • Simpan frasa pemulihan di dalam Password Manager (Pengelola Kata Sandi). Jika belum, mungkin Anda perlu segera melakukannya. Frasa pemulihan Anda akan disimpan di dalam database terenkripsi, baik secara lokal di perangkat pengguna maupun dari jarak jauh melalui layanan cloud online. Sejumlah solusi, seperti Lastpass, 1Password, atau KeePassXC, adalah pilihan yang aman.
  • Aplikasi pencatat, misalnya Notes untuk iOS, Samsung Notes untuk Android, atau OneNote memungkinkan Anda untuk membuat catatan yang dilindungi oleh kata sandi. Jika Anda tidak ingin menggunakan Password Manager, menyimpannya di dalam catatan yang dilindungi oleh kata sandi (dan dienkripsi) juga aman.

Kelimpahan adalah hal penting: Simpan frasa pemulihan Anda di tempat yang berbeda, sehingga Anda memiliki cadangan dari cadangan Anda. Suatu insiden mungkin dapat merusak satu cadangan, tetapi tidak mungkin berdampak pada cadangan yang lain jika cadangan tersebut berada di lokasi yang berbeda.

Berikut adalah bacaan bagus lainnya untuk menjaga keamanan dompet Anda: