Risiko penggunaan DApp

Apa itu DApp?

Aplikasi terdesentralisasi (DApp, dApp, Dapp, atau dapp) adalah aplikasi yang berjalan pada sistem komputasi terdistribusi. Sebagian besar DApp saat ini menggunakan teknologi buku besar terdistribusi (DLT), seperti Blockchain Ethereum. DApp sering disebut sebagai smart contract.

DApp dapat berwujud bursa Terdesentralisasi, platform pinjaman, jejaring sosial, dan bahkan game.

Pelajari selengkapnya tentang DApp di sini: Apa itu DApp?

Bagaimana cara kerja DApp?

Para kreator DApp memberi pengguna akses ke platform mereka dengan menerapkannya sebagai smart contract. Beberapa contohnya adalah Uniswap di Jaringan Ethereum dan PancakeSwap di Binance Smart Chain. Trust Wallet memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan DApp melalui browser DApp bawaan.

image

image

Sebelum berinteraksi dengan DApp, Trust Wallet akan memperingatkan Anda. Harap pastikan Anda terhubung ke DApp yang sah. Dana Anda bisa berada dalam risiko jika berinteraksi dengan DApp palsu atau tipuan.

Persetujuan Token

Saat mencoba untuk melakukan swap token, DApp akan meminta pengguna untuk menyetujui akses ke token mereka. Proses ini diperlukan agar DApp dapat berinteraksi dengan dompet pengguna. Lihat contoh berikut ini dari Uniswap dan PancakeSwap. Saat token masuk dalam proses swap untuk pertama kalinya, Persetujuan Token diperlukan.

image

image

Pada tahap ini, semua risiko ditanggung oleh Anda. Untuk melanjutkan Persetujuan Token, ketuk Send (Kirim). Setelah transaksi Persetujuan selesai, Anda dapat melakukan swap terhadap token tersebut.

image

image

DApp Tipuan

Exploit Persetujuan Token adalah salah satu kerentanan DApp yang paling umum. Seperti yang dijelaskan di atas, pengguna berinteraksi dan memberikan persetujuan kepada DApp untuk menggunakan token atas nama mereka. Tanpa disadari, pengguna memberi smart contract tersebut akses penuh ke semua token mereka. Penyerang dapat menarik semua kepemilikan pengguna atas aset spesifik tersebut meskipun pengguna tidak mengizinkan transaksi tersebut.

Tonton video yang diposting oleh tim ZenGo ini. Video ini menunjukkan bahwa Dapp Tipuan dapat menguras dompet Anda melalui exploit Persetujuan Token.

baDAPProve Demo Walkthrough

Panduan Demo baDAPProve

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Selalu periksa terlebih dahulu DApp yang Anda pilih untuk berinteraksi. Dengan Trust Wallet, kami selalu memastikan bahwa DApp yang Anda lihat telah diverifikasi dan telah ditinjau secara ketat. Anda juga dapat melihat situs-situs seperti https://www.stateofthedapps.com dan https://dappradar.com untuk menelitinya lebih lanjut.