Ringkasan lengkap tentang keamanan Trust Wallet

Membangun Ekosistem Kustodi Mandiri yang Aman Bersama dan Bagi Komunitas Kita

Keamanan adalah fondasi dari hal yang kami lakukan di Trust Wallet. Dengan kepercayaan yang diberikan oleh lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia, kami melakukan pendekatan proaktif terhadap keamanan yang memastikan aset Anda tetap aman dan dalam kendali Anda.

Misi kami adalah membangun gateway Web3 tanpa hambatan dan ekosistem terbuka yang memungkinkan dunia yang aman dan terdesentralisasi. Mulai dari enkripsi dan keamanan canggih hingga seluruh tim yang berfokus untuk membantu orang di seluruh dunia menelusuri Web3 dengan aman, keamanan Anda di bidang ini adalah prioritas utama kami.

Dalam artikel ini, kami akan menyoroti berbagai cara yang kami lakukan untuk membantu menjaga aset kripto dan pengalaman Web3 Anda tetap aman.

Konten

Mengapa Trust Wallet sangat fokus pada keamanan?

Dalam hal Web3, keamanan Anda adalah prioritas utama kami. Selain itu, meskipun Web3 menjanjikan peningkatan kebebasan finansial dan kepemilikan penuh atas data dan aset Anda, Web3 juga tidak lepas dari banyaknya ancaman eksternal. Kami memahami bahwa orang-orang membutuhkan dukungan sebanyak mungkin untuk menjaga keamanan aset mereka dan merasa nyaman saat menjelajahi web terdesentralisasi.

Itulah alasan keamanan adalah inti dari semua yang kami lakukan di Trust Wallet. Kami tidak hanya ingin Anda menikmati akses tanpa hambatan ke semua yang ditawarkan kripto dan Web3, kami juga ingin Anda berpartisipasi dalam bidang ini dengan aman. Pendekatan kami terhadap keamanan bersifat proaktif, beragam, dan mencakup semuanya, mulai dari enkripsi terdepan di industri ini yang kami terapkan bagi semua produk kami hingga komunikasi empat mata dengan pengguna kami bila diperlukan.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan sejumlah pendekatan keamanan Trust Wallet sehingga Anda dapat lebih memahami alasan aset dan pengalaman Anda di aplikasi ini aman.

Enkripsi & keamanan paling canggih

Teknologi inti pendukung Trust Wallet dikembangkan dengan enkripsi dan keamanan terdepan di industri. Kami terus meningkatkan Trust Wallet untuk tetap terdepan dalam menghadapi ancaman apa pun dan menjaga pengalaman Web3 Anda seaman mungkin.

Kunci privat Anda dienkripsi kuat dengan algoritma AES dan juga disimpan dengan aman di perangkat Anda. Kode sandi yang Anda buat untuk Trust Wallet di perangkat seluler Anda melewati proses hashing yang kuat sebelum disimpan di perangkat Anda dan diamankan di penyimpanan kunci yang tahan terhadap kerusakan. Selain itu, saat menggunakan salah satu produk dompet kami, kata sandi dan kunci privat dompet Anda akan selalu ada di perangkat Anda dan tidak pernah dikirim melalui internet atau diekspos kepada pihak ketiga.

Notifikasi keamanan dalam aplikasi

Kami terus memantau ancaman di ekosistem kripto yang dapat berdampak pada pengguna kami. Jika perlu, kami mengirimkan notifikasi push ke aplikasi seluler Trust Wallet dan ke Ekstensi Browser Trust Wallet. Tergantung pada urgensi masalahnya, kami juga akan menyertakan petunjuk spesifik, tautan ke panduan, dan informasi kontak kami agar Anda mengetahui tindakan yang harus dilakukan dengan tepat.

Misalnya, notifikasi di Ekstensi Browser Trust Wallet mungkin terlihat seperti ini:

Selain itu, kami rutin mengirimkan notifikasi keamanan, peringatan, dan sinyal waspada kepada pengguna Aplikasi Seluler Trust Wallet. Notifikasi ini disampaikan dalam berbagai bentuk, termasuk peringatan langsung dalam aplikasi, notifikasi banner (spanduk) di perangkat seluler Anda, dan lainnya sesuai kebutuhan. Anda mungkin melihat notifikasi seperti ini:

iPhone 13 Pro Maxiphone_meditactiveFB

iPhone 13 Pro Maxiphone_meditactiveFB418×509 117 KB

Kemudian, Anda juga dapat melihat notifikasi banner di perangkat seluler Anda, notifikasi banner browser, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Kami mendorong Anda untuk mengizinkan notifikasi Trust Wallet di perangkat seluler dan browser desktop, sehingga Anda tidak akan melewatkan pembaruan penting atau peringatan keamanan kritis dari Trust Wallet.

Notifikasi keamanan yang kami kirimkan sangat penting untuk segera diikuti agar aset Anda tetap aman. Jika Anda ragu saat melihat notifikasi, kami menyarankan Anda untuk tidak menyebarkannya secara publik di internet (di Twitter atau Discord misalnya). Hal ini dapat mengundang aktivitas yang berbahaya dari pelaku kejahatan. Kami menyarankan Anda untuk dapat ikut menjaga keamanan pengguna lain dan segera menghubungi tim dukungan kami di sini.

Perlindungan bawaan untuk mencegah akses yang tidak sah

Keamanan Anda adalah prioritas utama kami. Sebagai upaya kami untuk menjaga pengalaman kripto dan Web3 Anda tetap aman, Trust Wallet menyertakan fitur bawaan yang membantu melindungi Anda dari ancaman eksternal dan akses tidak sah ke aset Anda.

Frasa Rahasia yang Aman

Saat Anda membuat alamat dompet baru menggunakan Trust Wallet, Anda juga membuat frasa rahasia 12 kata yang memberi Anda akses dan kendali penuh atas dana yang Anda miliki sebagai pemilik dompet. Frasa rahasia ini mengamankan kunci privat untuk setiap alamat blockchain yang terkait dengan setiap dompet yang Anda buat. Sementara itu, kunci privat Anda juga dienkripsi kuat dengan algoritma AES.

Perlindungan kode sandi dan kata sandi

Kata sandi atau kode sandi Trust Wallet yang Anda buat melewati proses hashing yang kuat sebelum disimpan di perangkat Anda dan diamankan di penyimpanan kunci yang tahan terhadap kerusakan. Selain itu, Trust Wallet memanfaatkan keamanan biometrik perangkat seluler Anda. Kami juga sangat menyarankan Anda untuk selalu mengaktifkan fungsi Applock dan memilih opsi Minta Autentikasi untuk penandatanganan transaksi.

Panduan untuk mengaktifkan perlindungan kode sandi Trust Wallet di perangkat seluler Anda:

Cara mengaktifkan App Lock (Pengunci Aplikasi) untuk Trust Wallet di perangkat iOS

Cara mengaktifkan kode sandi di perangkat Android

Kebijakan pengungkapan kerentanan yang membuat Anda tetap aman

Trust Wallet adalah kontributor aktif di komunitas sumber terbuka Web3, misalnya melalui kerja kami dengan Wallet Core yang dapat Anda baca selengkapnya di sini. Kebijakan kami dalam mengungkapkan kerentanan adalah salah satu upaya untuk mengutamakan keselamatan pengguna. Laporan tentang setiap kerentanan akan disediakan, selama kerentanan tersebut ditangani dan setiap pengguna yang terkena dampak dipastikan aman.

Pengalaman aplikasi yang terintegrasi dengan aman

Dengan dukungan lebih dari 8+ juta aset, 70+ blockchain, dan berbagai cara untuk menjelajahi Web3 langsung di aplikasi, kami berusaha menjadikan Trust Wallet rumah kripto yang aman bagi Anda. Selain dapat menyimpan, mengirim, dan menerima jutaan aset secara aman dengan Trust Wallet, Anda juga dapat:

  • Menjelajahi ribuan aplikasi terdesentralisasi (dApp) Web3 dengan aman menggunakan browser dApp kami yang terintegrasi
  • Membeli kripto langsung dari aplikasi menggunakan metode pembayaran fiat
  • Melakukan staking kripto langsung dari aplikasi
  • Mengelola semua aset digital Anda, termasuk NFT

Semua ini adalah bagian dari upaya kami yang lebih besar dalam menyediakan cara yang aman bagi Anda untuk mengakses semua yang ditawarkan oleh Web3.

Akses yang mudah ke tim dukungan kami

Trust Wallet memiliki tim dukungan yang mudah dihubungi dan berisi orang-orang sungguhan yang selalu siap membantu. Kami paham bahwa dunia kripto terkadang membingungkan, jadi tim dukungan kami siap membantu menjawab apa pun pertanyaan Anda.

Hubungi tim dukungan kami kapan saja di sini

Pemindai Keamanan Trust Wallet

Pemindai Keamanan Trust Wallet adalah fitur bawaan yang mendeteksi potensi risiko saat Anda melakukan transaksi kripto dari dompet ini. Tujuan kami adalah membuat pengalaman kripto dan Web3 Anda seaman mungkin, sehingga setiap transaksi akan memperoleh label tingkat risiko, lalu aplikasi kami secara proaktif memberi tahu Anda melalui pesan peringatan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait transaksi Anda.

Manajemen & pencadangan kunci privat yang aman

Kami selalu mencari cara untuk membuat Web3 lebih aman dan ramah pengguna. Dengan solusi manajemen kunci privat kami yang akan hadir, Anda akan memiliki opsi tambahan untuk mencadangkan kunci privat dengan aman. Fitur ini akan membantu lebih banyak pengguna untuk menghindari hilangnya dana akibat penyimpanan kunci privat yang salah kelola. Kami percaya bahwa keamanan bukan soal ancaman eksternal saja, tetapi juga tentang peningkatan kualitas pengalaman pengguna.

Dukungan Hardware Wallet

Peluncuran ekstensi browser telah membantu kami menghadirkan pengalaman Web3 yang aman kepada lebih banyak orang daripada sebelumnya. Pengenalan dukungan hardware wallet akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan manfaat dari keamanan terkemuka di industri yang dipersembahkan oleh Trust Wallet. Selain itu, pengguna juga dapat mentransfer aset ke cold storage. Pastikan Anda mengikuti kami di Twitter @TrustWallet agar Anda tahu saat kami meluncurkan fitur menarik ini.

Panduan keamanan tambahan

Kami mendorong Anda untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara menjaga keamanan Anda saat menjelajahi Web3 menggunakan panduan berikut ini.

Cara mengamankan Trust Wallet Anda

Praktik terbaik untuk menyimpan frasa rahasia Anda

Tips keamanan bagi pengguna Trust Wallet

Cara mengaktifkan App Lock (Pengunci Aplikasi) untuk Trust Wallet di perangkat iOS

Cara mengaktifkan kode sandi di perangkat Android.

Masih ada pertanyaan?

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang keamanan Trust Wallet, platform kami, atau apa pun, silakan hubungi tim dukungan kami, maka kami akan membantu Anda dengan senang hati.